Kamis, 18 Juli 2019

Inilah Ragam Nama Semen China: dari Garuda Hingga Jakarta

Produk semen di pasar kini semakin beragam, tak hanya pemain-pemain lokal juga asing macam Thailand, kini pasar sudah diramaikan kehadiran produk semen yang prinsipalnya dari perusahaan China. Bahkan prinsipal semen China sudah memproduksi langsung semennya di Indonesia.
Baca Juga: keramik kamar mandi
Yang unik, beberapa produk semen yang prinsipalnya dari China menggunakan nama-nama "lokal". Misalnya saja ada ada PT Jui Shin Indonesia, yang memiliki produk semen bernama "Semen Garuda". Lokasi pabrik semen ini ada di Bekasi.
Di pasar, harga semen ini sangat bersaing, Semen Garuda dibanderol dengan harga Rp44.800 untuk ukuran 50 kg, sedangkan 40 kg hanya Rp35.900.
Ada nama lain yaitu "Semen Jakarta", di bawah PT Semen Jakarta, lokasi produksi mereka berada di Banten. Di pasar, harga semen ini sangat kompetitif, di toko online Tokopedia misalnya untuk semen 50 kg hanya dibanderol Rp41.300, dan kemasan 40 Kg harganya Rp33 ribu saja.
Artikel terkait: harga granit
Nama-nama produk semen yang ada di pasar Indonesia lainnya juga unik, misalnya "Semen Merah Putih" produk PT Cemindo Gemilang ini merupakan patungan perusahaan Indonesia dengan Singapura.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alasan Kemenperin Ungkap Indonesia Defisit Baja Ringan

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyatakan Indonesia masih kekurangan pasokan baja ringan. Padahal, baja ringan diperlukan untuk pemb...