Senin, 02 Desember 2019

Inilah Tips Mendesain Rumah Minimalis Tipe 36 agar Terlihat Luas

Rumah minimalis tipe 36 sedang menjadi primadona tempat hunian. Terutama bagi pasangan yang baru menikah, Bunda.
Ruangannya yang tidak terlalu besar dengan barang yang tidak banyak tapi nyaman menjadi salah satu pertimbangan memilih rumah ini. Penulis The Minimalist House, Joshua Becker mengatakan, kebanyakan orang berpikir konsep minimalis adalah ketika kita menyingkirkan barang yang enggak diperlukan dari rumah. Namun, tidak mudah jika harus menyingkirkan benda bersejarah.
Baca Juga: harga bahan bangunan 2020
"Pilih peralatan yang memang dibutuhkan dan yang tidak bisa dipakai atau dibutuhkan, baiknya singkirkan saja," papar Becker mengutip No Side Bar.
Menurut arsitek freelance Nur Hikmah, S. Ars, sebenarnya dalam dunia arsitektur tidak ada istilah minimalis. Tapi yang ada adalah aliran arsitektur modern.
Di era arsitektur modern ini, orang mulai mengedepankan fungsi bangunan sebagai kebutuhan mendasar. Salah satunya dengan menghilangkan unsur dekoratif dan ornamen-ornamen seperti yang ada di era arsitektur bergaya klasik.
"Mungkin muncul istilah minimalis maksudnya untuk mengibaratkan gaya arsitektur modern yang mengurangi unsur-unsur dekoratif," kata wanita yang akrab disapa Dede ini pada HaiBunda.
Dede mengatakan jika fungsi rumah di era zaman sekarang juga sudah berubah. Banyak orang menyukai konsep minimalis karena kebutuhannya.
"Sekarang ini kebanyakan orang hidup mobile. Sehingga fungsi rumah sekarang hanya sebatas tempat untuk memenuhi kebutuhan yang paling mendasar saja, sebagai tempat istirahat dan utilitas pribadi," kata wanita yang akrab disapa Dede ini kepada HaiBunda.
Rutinitas ini kemudian membuat orang lebih nyaman tinggal di rumah yang tidak terlalu besar atau minimalis. Misalnya, cukup dengan ruangan-ruangan yang dibutuhkan saja, seperti kamar tidur, kamar mandi, dan dapur.
"Makanya sekarang rumah yang paling banyak diminati adalah rumah-rumah minimalis sederhana seperti rumah tipe 36, 45, atau apartemen," kata Dede.
Artikel Terkait: warna cat dulux
Menurutnya, untuk rumah minimalis tipe 36 ini banyak diminati pasangan baru karena selain praktis, sudah memenuhi kebutuhan yang paling mendasar tadi, Bun. Selain itu juga ekonomis alias murah dan perawatannya mudah karena ukurannya yang sederhana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alasan Kemenperin Ungkap Indonesia Defisit Baja Ringan

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyatakan Indonesia masih kekurangan pasokan baja ringan. Padahal, baja ringan diperlukan untuk pemb...