Rabu, 24 Oktober 2018

Ternyata 6 Kisah Ini Jadi Bacaan Wajibmu saat SD Dulu!

Tetap ingatkah kamu dengan cerita-cerita yg ada di dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia kala kamu SD dahulu? Cerita-cerita yg terdiri dalam fabel serta narasi rakyat itu jadi bacaan mesti kamu kala belajar dahulu. Bahkan juga kejadian itu sekarang tetap masih digemari banyak orang, tetapi disediakan dengan penampakan yg lebih menarik.  Apabila dahulu kita cuma menemukannya gambarnya dalam penampakan hitam putih, saat ini disediakan dengan penuh warna. Di antara banyak kejadian, sedikitnya ada 6 narasi yang pasti tetap kamu ingat. Apa sajakah?

1. Kejadian Pertemanan Kerbau serta Burung Jalak
Artikel Terkait : cerita fiksi pendek anak anak

Narasi ini adalah fabel. Fabel adalah narasi fiksi di mana ceritakan kehidupan hewan yg berprilaku seperti manusia. Kejadian Kerbau serta Burung Jalak ini sendiri ceritakan bagaimana mereka dapat berkawan. Nah, kejadian ini berasal dari si Kerbau yg gak tahan dengan perasaan gatal di tubuhnya. Sampai selanjutnya si Jalak dengan suka-rela menggunakan kutu-kutu yg berada pada badan si Kerbau. Interaksi mereka dapat dijelaskan sama sama menguntungkan. Si Kerbau bersih dari kutu serta si Jalak kenyang lantaran menggunakan kutu-kutu si Kerbau.

2. Raksasa serta Timun Mas
Narasi rakyat Jawa ini berkisah terkait sepasang suami istri petani yg belum pula punyai anak. Dia senantiasa berdo'a biar dikasihkan seseorang anak. Si raksasa yg dengerin do'a mereka berikan biji timun mas buat mereka tanam. Biji timun tersebut yg kedepannya bisa jadi seseorang anak wanita. Tetapi, sang raksasa berikan syarat-syarat, di mana kala anak itu berumur 17 tahun mesti diserahkan pada si raksasa.
Baca juga : pengertian cerita non fiksi

Tahun berlalu serta kala Timun Mas udah beranjak umur yg ditetapkan, si Raksasa menagih janji pada pasangan petani. Gak mau menyerahkan anaknya pada sang raksasa, Timun Mas diperintah melarikan diri dengan membawa 3 senjata ajaib yg bakal melindunginya dari kejaran si raksasa.

3. Si Kancil serta Buaya


Kancil memang diketahui jadi binatang yg pintar. Dalam kejadian ini di ceritakan terkait Kancil yg sukses mengelabui buaya. Atas kecerdikannya, Dia sukses melintasi sungai dengan selamat dengan pemberian banyak buaya.


4. Ikan Mas serta Terbentuknya Danau Toba

Legenda ini datang dari Sumatera Utara. Kejadian ini ceritakan terkait pria yg bernama Toba yg sukses tangkap seekor Ikan Mas yg berganti bentuk berubah menjadi manusia. Dia memperistri Ikan itu dengan ketentuan tutup rapat mulutnya terkait riwayat wanita itu. Apabila Toba melanggar, Dia bakal kembali berubah menjadi Ikan.

Beberapa tahun berlalu, mereka dikaruniai anak laki laki yg disebut Samosir. Sehari-harinya Samosir bekerja mengirimkan bekal buat Ayahnya. Satu hari, bekal yg dibawa Samosir buat Ayahnya terjatuh serta berdebu. Tetapi, Samosir tak berani mengemukakan yg sesungguhnya pada sang Bapak. Ayahnya berang serta tiada sadar menyebutkan riwayat Toba sebagai anak dari seekor ikan.


Samosir yg susah ceritakan apakah yg dijelaskan Ayahnya. Sang Ibu terasa sedih lantaran Toba melanggar janjinya. Dia lantas memohon Samosir buat pergi ke daratan yg tinggi serta selamatkan diri. Gak lama sehabis Samosir pergi, hujan turun dengan derasnya sampai air lantas meluap serta menenggelamkan hunian mereka. Dia lantas berganti kembali berubah menjadi Ikan.

Seperti tersebut kejadian terbentuknya Danau Toba. Punyai sejumlah versus tetapi pokok kisahnya terus sama.

5. Kejadian Malin Kundang
Legenda ini datang dari Sumatera Barat serta diyakini jadi asal muasal suatu batu di Pantai Air Manis, Padang. Singkat kata, kejadian ini ceritakan terkait seseorang anak yg bernama Malin Kundang yg durhaka pada Ibu kandungnya. Tekad sebelumnya pergi merantau merupakan biar Dia dapat mendukung sang Ibu yang wajib mencari nafkah seseorang diri. Tetapi, sehabis beberapa tahun berlalu, kala Dia kaya raya, Dia malahan gak mengaku kehadiran Ibu kandungnya sendiri. Sang Ibu yg terluka hatinya, berdo'a serta mengutuknya jadi batu.

6. Ayam Jago, Elang, serta Jarum Emas
Apa kamu paham.kamu mengerti kenapa Elang senantiasa mengincar anak ayam? Atau kenapa Ayam sukai mengais-ngais tanah?

Jadi di ceritakan kalau pada dulu kala Ayam Jago serta Elang ini berkawan. Mereka sama sama mendukung. Sampai satu hari, si Ayam Jago mau dapat terbang seperti sang Elang. Si Elang yg baik hati meminjamkan jarum emasnya dengan ketentuan cuma si Ayam yg bisa menggunakan serta mesti dikembalikan besok harinya. Dengan puas hati, si Ayam Jago menyulam sayapnya. Dia dapat terbang tetapi rendah. Ingin tahu, si Ayam betina yg menyaksikan hal semacam itu ajukan pertanyaan mengapa Ayam Jago dapat terbang. Singkat kata, Ayam Jago meminjamkan jarum emas pada Ayam Betina, tetapi lantaran lupa Ayam Betina menghilangkannya. Mereka mencakar-cakar tanah buat mencarinya. Paham masalah ini si Elang berang serta bersumpah bakal mengincar anak Ayam hingga jarum emas diketemukan.

Hayooo, dari 6 kejadian itu, kejadian manakah yg tetap kamu ingat hingga saat ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alasan Kemenperin Ungkap Indonesia Defisit Baja Ringan

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyatakan Indonesia masih kekurangan pasokan baja ringan. Padahal, baja ringan diperlukan untuk pemb...