Kamis, 22 November 2018

Penyebab Upah Minimum Karawang Rp4,2 Juta, Masih Tertinggi di Jabar

Pemerintah Propinsi Jawa Barat mengambil keputusan gaji minimal di 27 kota/kabupaten tahun 2019 pada Rabu (21/11). Kabupaten Karawang jadi daerah dengan Gaji Minimal Kota/Kabupaten (UMK) tertinggi di Jawa Barat yaitu Rp4.234.010.

Selain itu, UMK Kabupaten Pangandaran tumbuh tertinggi yaitu 10 % jadi Rp1.714.673. Di lain sisi, Kota Banjar terdaftar mempunyai UMK paling rendah yaitu Rp1.688.217.

Penentuan tertuang dalam ketetapan Gubernur Jawa Barat Nomer 561/kep.1220-Yanbangsos/2018 mengenai Gaji Minimal Kabupaten/Kota di Daerah Propinsi Jawa Barat tahun 2019.


Gaji Minimal Karawang Raih Rp4,2 Juta, Paling tinggi di JabarBesaran UMK di 27 Kabupaten/Kota di Propinsi Jawa Barat. (CNN Indonesia/Timothy Loen).

Kepala Dinas Tenaga Kerja serta Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Barat Ferry Sofwan Arief menjelaskan penentuan UMK tahun 2019 merujuk pada PP 78/2015 mengenai pengupahan.

Diluar itu, kenaikan besaran UMK ikut semua selesai dengan hitungan yang sudah diputuskan pemerintah yaitu 8,03 %. Hal tersebut sesuai dengan angka inflasi nasional serta perkembangan ekonomi dengan nasional.

Baca Juga: 6 agama di indonesia

"Waktu bahasan Pak Gubernur Ridwan Kamil terima hampir semua serikat pekerja pada 19 November 2018. Rekan-rekan serikat pekerja mengemukakan apa bisa saja kenaikan tidak 8,03 perssn," kata Ferry di Gedung Sate, Bandung, Rabu (21/11).

Baca Juga: daftar provinsi di indonesia

Lihat ikut: Jokowi Instruksikan Istana Benahi Ketentuan untuk Guru Honorer

Lantas, pada 20 November, semua pihak kembali diundang untuk mengulas kota serta kabupaten yang alami kenaikan. Akhirnya, lanjut Ferry, UMK Kabupaten Pangandaran alami kenaikan sampai 10 % dibanding tahun awal mulanya.

Baca Juga: Jumlah Penduduk Indonesia 2018

"Jadi ini ialah diskresi berdasar pada situasi dan kondisi yang dalam pandangan Pemerintah Propinsi Jawa Barat. Dalam perihal ini Pangandaran bisa menjadi tempat perkembangan ekonomi yang baru ke depan pasti mesti ada daya tarik pekerja yang lebih profesional yang lebih kompeten " tuturnya.

Ketetapan penentuan UMK di Jawa Barat mulai laku tanggal 1 Januari 2019. Buat entrepreneur yang membayar gaji tambah tinggi dari ketetapan UMK dilarang kurangi gaji pekerjannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alasan Kemenperin Ungkap Indonesia Defisit Baja Ringan

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyatakan Indonesia masih kekurangan pasokan baja ringan. Padahal, baja ringan diperlukan untuk pemb...